Jurnal Edu Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Edu Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial

Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022-2023: Indonesia

Tri Wulandari (Universitas Jambi)
Khairinal Khairinal (Universitas Jambi)
Siti Syuhada (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 9 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdapat empat tahap kegiatan. Tahapan tersebut ialah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 35,5%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16% menjadi 51,6% dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 25% menjadi 77,4%. Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus III telah mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu sebesar 75% dari 31 siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 9 Kota Jambi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jeso

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edu Sosial: jurnal Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang menerbitkan makalah hasil penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan Jurnal ini terdiri dari Ilmu Pegetahuan sosial yang tediri dari bidang Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, ...