Lambda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember

Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Praktikum Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas VII

Sri Maulida Ramadhani (IAIN Palangka Raya)
Triwid Syafarotun Najah (Unknown)
Hadma Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Abstract This study aims to determine the effect of learning physics using the practicum method on the motivation and learning outcomes of class VII A MTs Berkah Palangka Raya Integrated MTs. The type of research used was aquasi-experimental designwith the type "one group pretest-posttest design". The population in this study used one class with a sample of 30 students. Data collection techniques using observation, questionnaires, and test questions. The data analysis technique used in this study is the prerequisite analysis test using the normality test and hypothesis testing. Normality test using Shapiro Wilk and hypothesis testing using Paired Sample T-Test t-test with a significant level of 0.05. The results of this study are 1) there is an effect of learning physics using the practicum method on students' learning motivation with a significant value of 0.000. 2) there is an effect of learning physics using practicum methods on results with a significant value of 0.000. So it can be concluded that there is an effect of learning physics using the practicum method on the motivation and learning outcomes of students. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika menggunakan metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII A MTs Terpadu Berkah Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi exsperimental design) dengan dengan tipe “one group pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini menggunakan satu kelas dengan sampel peserta didik berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan Shapiro wilk dan uji hipotesis menggunakan uji-t Paired Sampel T-Test dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh pembelajaran fisika menggunakan metode praktikum terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikan 0,000. 2) terdapat pengaruh pembelajaran fisika menggunakan metode praktikum terhadap hasil dengan nilai signifikan 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran fisika menggunakan metode praktikum terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

lambda

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Mathematics Physics Public Health Other

Description

Lambda adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya yang diterbitkan oleh Lembaga Bale Literasi. Terbit tiga kali setahun yakni setiap bulan April, Agustus dan Desember. Focus & Scope : Education Assessment and Evaluation Curriculum Development Distance Learning Higher-Order Thinking ...