Tujuan dari penelitian yang dilakukan peneliti secara umum adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu para pendidik dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi di dunia pendidikan. Secara khusus bertujuan untuk  mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa krama inggil melalui metode sosiodrama dengan model cooperatif learning tipe numbered heads together pada mahasiswa PGMI semester 6 IAINU Tuban. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan dua siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa melalui penerapan metode sosiodrama dengan model pembelajaran cooperatif learning tipe numbered heads together dapat meningkatkan keterampilan berbahasa krama inggil pada mata kuliah konsep bahasa jawa dan pembelajarannya. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata pada setiap siklus. Pada pembelajaran pra siklus 73,5, mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 77,7, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,1.  Sehingga, ketuntasan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa krama inggil sudah mencapai kriteria ketuntasan 80% yaitu 87%
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022