Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia
Vol 1 No 1 (2022): JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia

Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Pada Praktikum Lapangan Mata Kuliah Perilaku Hewan Di STKIP-PI Makassar

St. Rahmadani (STKIP Pembangunan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Terdapat beberapa kali kegiatan praktikum lapangan pada mata kuliah perilaku hewan. Namun, belum adanya pedoman instrumen penilaian kinerja yang tepat, menjadi kendala bagi pendidik dalam melakukan penilaian kompetensi keterampilan peserta didik pada praktikum. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan instrumen penilaian kinerja pada praktikum lapangan mata kuliah perilaku hewan di stkip-pi makassar; 2)mengetahui karakteristik dan kelayakan produk hasil pengembangan. Pengembangan produk dalam penelitian ini mengacu pada model Borg dan Gall. Penelitian dilakukan mulai dari tahap studi pendahuluan sampai tahap ujicoba terbatas. Instrumen penilaian kinerja hasil pengembangan tersebut telah divalidasi oleh 3 (tiga) orang validator dengan rata-rata skor berturut-turut 4,86; 4,00 dan 4,57 yang berkategori “sangat baik”. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 10 (sepuluh) orang mahasiswa dengan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil ujicoba terbatas tersebut menunjukkan persentase rata -rata yang diberikan berturut-turut 81,2%, 80%,dan 80,57%. Dari hasil penelitian, Instrumen penilaian kinerja praktikum hasil pengembangan dianggap layak untuk digunakan pada kalangan terbatas. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahapan yang lebih luas melalui ujicoba lapangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupenji

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, merupakan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran dengan Fokus dan scope hasil penelitian, tinjauan teoritis dan konseptual dalam bidang pendidikan dan pembelajaran pada semua tingkat pendidikan. Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. ...