E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis
Vol 23, No 2 (2022): Volume 23 No.2 Oktober 2022

PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, MATERIALISME, DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF

Yuli Cantikasari (Universitas Stikubank Semarang)
Robertus Basiya (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh variabel motivasi hedonisme, materialisme, dan gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Populasi penelitian ini ialah Mahasiswa pelanggan marketplace Shopee dengan sampel sebanyak 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Data primer menggunakan kuesioner dan data sekunder berdasar riset kepustakaan. Hasil penelitian mendapatkan: uji instrument menunjukkan semua indikator valid dan semua variabel reliable. Uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan ketiga variabel bebas dapat mempengaruhi keputusan pembelian, yaitu 59,8% persen. Uji F menampilkan model regresi layak sebagai model penelitian. Hasil uji t dan koefisien regresi menjelaskan, bahwa semua variabel motivasi hedonisme, materialisme, dan gaya hidup belanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada mahasiswa pelanggan marketplace Shopee di Semarang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emabis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Mabis menerima artikel hasil riset dari para peneliti baik dosen, mahasiswa maupun praktisi dalam bidang ekonomi, manajemen dan bisnis yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain, artikel dapat berupa hasil kajian teoritis maupun hasil penelitian yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau ...