RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 2 (2022)

ANALISIS KEBUTUHAN E-MODUL MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMAN 5 KOTA DEPOK

Deden Ibnu Aqil (Universitas Indraprasta PGRI)
Rohma Indrawati (SMA Negeri 5 Depok)
I Made Astra (Universitas Negeri Jakarta)
Sisean Baga (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber bahan ajar materi perubahan lingkungan pada pelajaran Biologi kelas X SMA khususnya di SMAN 5 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Analisis penelitian ini bersifat deskriptif dengan instrumen data diambil dari hasil wawancara dengan 3 orang guru dan angket terhadap 90 siswa kelas X IPA SMAN 5 Kota Depok. Hasil analisis kebutuhan didapat bahwa 98 % siswa menyenangi pembelajaran dengan adanya media, 93 % Siswa memerlukan sumber  belajar lain selain dari buku ajar, 97.8 % Siswa memerlukan sumber belajar lain yang dapat dipelajari secara mandiri, 51 % Siswa belum pernah memanfaatkan modul elektronik (e-modul) dalam belajar, 88.9 % siswa ingin tahu dan mencoba  belajar menggunakan e-modul berbasis aplikasi dalam pembelajaran perubahan iklim. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa perlunya dikembangkan bahan ajar berupa e-modul pada materi perubahan lingkungan 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...