Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Salza Billa, Rizky Feby (Unknown)
Siregar, Tiur Malasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Web Google Sites berbantuan Augmented Reality yang bersifat valid, praktis dan efektif pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model model ADDIE. Hasil uji validasi oleh dua validator yakni validator ahli media memperoleh rata – rata nilai persentase sebesar 91,5% dengan kategori sangat layak dan validator ahli materi memperoleh rata – rata nilai persentase sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon guru dan siswa. Dimana hasil angket respon guru diperoleh dengan persentase 98,4% dengan kategori sangat praktis sedangkan untuk hasil angket respon uji kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh dengan persentase 90,6% dan 93,9% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran dilihat melalui ketuntasan belajar klasikal dan hasil angket respon siswa diperoleh dengan persentase 86,6% dan 94,3% dengan kategori sangat efektif. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...