Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Permainan Petak Umpet dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak di RA Al-Kamal

Cindy Cinthia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ayu Fakhrana (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anisa Putri Manik (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nurhayani Nurhayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Khadijah Khadijah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motorik kasar anak di RA Al-Kamal desa laut dendang. Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 9 orang yang terdiri dari 5 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan petak umpet dapat meningkatkan motorik kasar pada anak, dapat dilihat nilai rata-rata awal 46,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 22,2%, siklus I mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 63,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55,6%, pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 71,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,8%. Dapat disimpulkan bahwa permainan petak umpet dapat meningkatkan motorik kasar pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...