Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 2 (2022): Journal on Teacher Education

Improving the Eighth Grade Students’ Reading Ability through the Application of Content Based Instruction (CBI) Approach

Evi Naviri (Universitas PGRI Palembang)
Baginda Simaibang (Universitas PGRI Palembang)
Mulyadi Mulyadi (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan Content Based Instruction Approach dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Indralaya Selatan Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data tentang kemampuan membaca siswa dikumpulkan melalui latihan membaca, membaca teks dan observasi. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I sebesar 67,50, siklus II sebesar 73,78, dan siklus III meningkat menjadi 82,71 siswa yang menunjukkan sikap positif dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan Content Based Instruction (CBI) pada siklus terakhir. Setelah dilakukan perhitungan ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan pendekatan Content Based Instruction (CBI). Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Content Based Instruction (CBI) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...