Abstrak Quipper School merupakan salah satu platform pembelajaran online atau e- learning yang bersifat open source yang dapat diakses oleh siapa saja termasuk guru dan siswa, yang bertujuan untuk merevolusi cara belajar dan berbagi pengetahuan dengan memanfaatkan internet mobile. Quipper School terdiri dari dua bagian yaitu Q- Link yang diperuntukkan bagi guru dan Q-Learn yang diperuntukkan bagi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan tentang pemanfaatan e-learning Quipper School yang digunakan oleh siswa SMA Negeri 2 Sungai Raya sebagai sarana pendukung kegiatan belajar. Dalam penelitian ini menggunakan teori model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dari Venkatesh et. al (2003) yang digunakan untuk mengukur penerimaan dan penggunaan sistem informasi baru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Hasil analisis yang diperoleh memperlihatkan bahwa sebagian besar siswa SMA Negeri 2 Sungai Raya telah menerima dan memanfaatkan Quipper School dengan baik di sekolah. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa siswa SMA Negeri 2 Sungai Raya memiliki tingkat ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi fasilitas yang mendukung yang tergolong tinggi dengan nilai rata-rata skor sebesar 4,05 untuk variabel ekspektasi kinerja, 4,075 untuk variabel ekspektasi usaha, 4,00 untuk variabel pengaruh sosial, dan 3,57 untuk variabel kondisi fasilitas yang mendukung. Abstract Quipper School is an open source online learning platform or e-learning that can be accessed by anyone, including teachers and students, which aims to revolutionize the way of learning and sharing knowledge by utilizing the mobile internet. Quipper School consists of two parts, namely Q-Link which is intended for teachers and Q-Learn which is intended for students. This research was conducted with the aim of describing the use of Quipper School e-learning which is used by students of SMA Negeri 2 Sungai Raya as a means of supporting learning activities. In this study using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) model theory from Venkatesh et. al (2003) which is used to measure the acceptance and use of the new information system. The method used in this research is descriptive quantitative with the sampling technique that is purposive sampling. The results of the analysis obtained show that most of the students of SMA Negeri 2 Sungai Raya have accepted and made good use of Quipper School at school. Based on the results of the research analysis, it is known that SMA Negeri 2 Sungai Raya students have high levels of performance expectations, business expectations, social influence, and supporting facility conditions with an average score of 4.05 for the performance expectation variable, 4.075 for the expectation variable. effort, 4.00 for the social influence variable, and 3.57 for the supporting facility condition variable.
Copyrights © 2022