Empiricism Journal
Vol. 2 No. 2: December 2021

Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Sistem Daring Pada Masa Pandemi Covid-19

Muliadi, Agus (Unknown)
Atmaja, I Gde Dharma (Unknown)
Dewi, Ni Putu Ety Lismaya (Unknown)
Ruwaidah, Eliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan (FSTT) Universitas Pendidikan Mandalika terhadap pembelajaran sistem daring pada masa pandemi Covid-19. Studi ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FSTT Universitas Pendidikan Mandalika sebanyak 176 orang yang diperoleh dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun akademik 2020/2021. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup tentang persepsi mahasiswa pendidikan terhadap pembelajaran daring dengan jawaban berdegradasi sesuai skala likert dan telah divalidasi ahli. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagaian besar jawaban mahasiswa memberikan respon negatif pada pernyataan tentang efektivitas interaksi antara mahasiswa dan dosen, ataupun interaksi antar mahasiswa; efektivitas penyampaian pendapat dan pertanyaan; efektivitas elaborasi materi pembelajaran oleh dosen; efektivitas respon atau umpan balik dari dosen maupun mahasiswa; efektivitas diskusi dan kolaborasi antar mahasiswa; timbulnya miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa, ataupun miskomunikasi antar mahasiswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sistem daring di Fakultas Sains, Teknik, dan Terapan Universitas Pendidikan Mandalika pada masa pandemi covid-19 berlangsung kurang efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

empiricism

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Empiricism Journal was published by Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LITPAM). This journal publishes empirical original research papers in the field of education and natural ...