Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah eksperimen murni. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar (SD) Kecamatan Sumedang Utara. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas V  SDN Sindang 2 dan SDN Sindang 3. Instrumen yang digunakan diantaranya soal tes koneksi matematika,  observasi siswa dan angket respon siswa. Berdasarkan didasarkan pada hasil uji nonparametric N-gain dari pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol melalui uji-U (Mann-Whitney) dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh P-value (Sig. 1-tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian hasil penghitungan dapat dinyatakan P-value < α, sehingga H0 ditolak. Artinya pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik secara signifikan daripada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Selain itu,  aktifitas siswa dalam pembelajaran cukup baik dan tingkat respon siswa sebesar 76,35% yang diinterpretasikan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022