cover
Contact Name
Jajang Bayu Kelana
Contact Email
jajang-bayu@ikipsiliwangi.ac.id
Phone
+6285222840857
Journal Mail Official
jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Editorial Address
Jl. Terusan Jenderal Sudirman Gedung E1, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia Telepon/Faks: (022) 6629913, Whatapp: +6285222840857 Email: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)
Published by IKIP Siliwangi
ISSN : ''''     EISSN : 28288831     DOI : 10.22460
Core Subject : Education,
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. Kami merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Kami dapat memproses naskah penelitian pengembangan didaktik (DDR) atau penelitian dan pengembangan (RnD). Publikasi kami dapat berupa penelitian tentang pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, pendidikan, teknologi, dan pengembangan pendidikan.
Articles 90 Documents
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Ayu Erika Puspasari
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.57 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.14931

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model  Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom  pada peserta didik kelas XII MIPA 2 di SMA Negeri 2 Pagaden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil motivasi belajar peserta didik diperoleh melalui angket dan data hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor angket motivasi belajar peserta didik sebesar 16,55. Selain itu, jika dilihat dari tes hasil belajar peserta didik terdapat peningkatan rata-rata sebesar 9 dan juga tingkat kelulusan sebesar 15%. Berdasarkan hasil ini terlihat bahwa dengan meningkatnya motivasi peserta didik maka pemahaman peserta didik juga ikut meningkat karena peserta didik terlibat secara aktif dalam penyelesaian masalah. Dengan demikian Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom berdampak positif terhadap peserta didik terutama motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, Problem Based Learning berbantuan Geogebra Classroom disarankan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Riski Amanda Putri; Aren Frima; Elya Rosalina
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1000.36 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.10958

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 42 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas IV.A yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes dalam bentuk Essay. Data yang dikumpulkan setelah analisis dengan menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan =0,05 diperoleh = 2,59 = 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,86.
Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SD Kelas III Husni Qodariah; Sylvia Rabbani
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1357.235 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.11103

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Ayam MSP materi satuan panjang berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development  (R&D). Sampelnya adalah siswa kelas III SDN Cigugur Tengah Mandiri 2 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan media sangat baik dan layak digunakan di lapangan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. Ini terlihat dari hasil validasi media serta hasil respon siswa terhadap  pemahaman konsep materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata persentase validasi media 93% (sangat baik) dan rata-rata persentase peningkatan pemahaman konsep 73,46% (Baik). Dengan begitu solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi satuan panjang menggunakan media pembelajaran Ayam MSP berbantuan aplikasi scratch dengan model discovery learning adalah tepat.
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar Asih Martiasari; Jajang Bayu Kelana
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 1 (2022): Juni
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.192 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i1.10356

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui skenario dan implementasi penerapan pembelajaran, respon siswa dan peningkatan hasil belajar siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampelnya adalah siswa Kelas 5 Paladium SD Islam Cendekia Muda yang berjumlah 20 orang. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari respon siswa terhadap pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah positif sebesar 77,45% . Hal ini menjadi bukti dengan rata-rata siswa 89,0 (baik sekali) yang berarti adanya peningkatan pemahaman konsep matematis dengan ruang menggunakan media manipulatif melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian solusi agar siswa dapat memahami konsep pembelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang yaitu dengan media manipulatif dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  adalah tepat.
Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Vinka Riantini Rukman; Asep Samsudin
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.595 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.11757

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Permasalahan yang dialami oleh guru yaitu kurangnya kemampuan dalam teknologi dan adanya keterbatasan kemampuan dalam penggunaan teknologi. Di sisi lain, terdapat permasalahan pada siswa yaitu kurangnya hasil belajar sehingga kualitas pendidikan individu menurun. Dengan begitu, memerlukan penggunaan bahan ajar tambahan yang menggunakan teknologi serta bisa dikembangkan atau di ciptakan oleh guru sebagai pilihan fasilitas dalam membimbing siswa di kelas terhadap materi pecahan. Pada penelitian memakai metode Research and Development (R&D) serta mengumpulkan berbagai data meliputi lembar validasi ahli, respon penggunaan dari siswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan memperlihatkan hasil jika  pengembangan Modul menggunakan model Borg and Gall. Penilaian dilaksanakan oleh validator yakni ahli media dan ahli materi menyatakan pengembangan bahan ajar termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” agar bisa diimplementasikan kepada siswa. Respon dari para pengguna menyatakan pengembangan bahan ajar yang sudah dilakukan termasuk kedalam kategori “Sangat Baik” jika dipergunakan pada kegiatan belajar Matematika.
Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Tata Surya Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Dan Book Creator Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Kelas VI Sekolah Dasar Indira Salshanabila Putri; Jajang Bayu Kelana
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1048.92 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.13024

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan sebuah produk yang layak, praktis serta efektif bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model dari Borg and Gall, subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Proses pengembangan, dimulai studi literatur dan studi lapangan melalui proses wawancara untuk mengetahui potensi serta masalah dalam pembelajaran IPA serta membuat rancangan awal produk. 2) Menghasilkan produk Bahan Ajar menggunakan model Student Teams Achievement Division yang layak untuk meningkatkan kerjasama siswa dan hasil belajar siswa pada materi tata surya, ditinjau dari hasil nilai kelayakan oleh validator yang memperoleh nilai layak. 3) Bahan ajar ini disambut baik oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran hal ini dapat dibuktikan dengan angket respon siswa yang memperoleh kategori menarik. 4) bahan ajar menggunakan model STAD berbantuan Book Creator dan Solar system scope dapat meningkatkan kemampuan konsep IPA. Hasil dari peningkatan belajar siswa pada ranah kognitif memperoleh nilai gain 0,76 sebesar yang artinya peningkatan hasil belajar ranah kognitif kategori tinggi untuk uji skala luas
Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card) Lia Cristilia
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 1 (2022): Juni
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.913 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i1.10362

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD dengan menggunakan media flash card(kartu bergambar). Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris, yaitu merujuk pada hasil tes akhir serta wawancara yang diberikan kepada peserta didik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswakelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung.
Pengembangan Bahan Ajar Materi Laporan Wawancara dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Menulis Kelas IV SD Riska Agni Rahayu; Ruli Setiyadi; Evi Susanti
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.987 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.12405

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyimak dan menulis adalah termasuk dalam kemampuan dasar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah terutama dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menelaah kemampuan menyimak dan menulis. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas IV A dan IV B di SDN 1 Kayuambon sedangkan sampelnya sebanyak 10 siswa pada uji coba terbatas dan pada uji luas sebanyak 20 siswa. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes. Hasil pada penelitian ini berdasarkan hasil dan pembahasannya dapat disimpulkan adanya pengaruh penggunaan bahan ajar materi laporan wawancara dengan menggunakan pendekatan open ended berbantuan video untuk meningkatkannya kemampuan menyimak dan menulis pada siswa kelas IV SD yang dapat dibuktikan oleh nilai Sig (2-tailed) yang hasilnya sebesar 0,000 < 0,05.
Pengembangan Media Roda Berputar (Rotar) Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Trikarya Iksan Saputra; Elya Rosalina; Asep Sukenda Egok
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 2 (2022): Desember
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.537 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i2.10918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media roda berputar (rotar) dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 2 Trikarya. Jenis penelitian ini yakni Research and Development dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket dan tes. Berdasarkan hasil uji kevalidan diperoleh skor keseluruhan sebesar 0,81 dengan kategori tinggi. Hasil dari uji kepraktisan dengan skor rata-rata keseluruhan 94,21 dengan kategori sangat praktis. Dan hasil dari uji efektifitas dengan skor rata-rata keseluruhan 0,77 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa media roda berputar (rotar) memenuhi kriteria valid, praktis dan efektivitas. 
Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar Greesla Anggera Jaya; Jajang Bayu Kelana
Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Vol 1, No 1 (2022): Juni
Publisher : PPG IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.1 KB) | DOI: 10.22460/jpp.v1i1.10363

Abstract

Salah satu materi dalam pelajaran matematika di sekolah dasar yang sering menjadi masalah bagi siswa adalah  pecahan.  Siswa  sering kesulitan  dalam  memahami  pemecahan masalah terutama  dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui ketercapaian peningkatan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning  berbantuan bar moddeling untuk siswa  sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil pembelajaran matematika terhadap pemecahan masalah tentang konsep pecahan menggunakan bar modelling  dengan  beberapa  tahapan  penelitian.  Diantaranya adalah  pemberian  materi  ajar  sesuai skenario pembelajaran dengan menggunakan bar modelling, evaluasi akhir berupa tes tertulis yang diperoleh masing-masing siswa dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, hail penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDK Yahya memiliki respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan bar modelling.