Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MIN PADANG BULAN LABUHANBATU

Leli Hasanah Lubis (STIT Al-Bukhary Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Gaya belajar adalah salah satu cara bagaimana menyerap,mengatur dan mengolah informasi. Sehingga denganmengetahui adanya gaya belajar pada diri siswa, maka dapatmembantu dirinya sendiri dalam belajar lebih cepat dan lebihmudah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adakahhubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa. MINPadang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya belajardengan hasil belajar siswa di madrasah. Hipotesis dalampenelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajardengan hasil belajar siswa di MIN Padang BulanRantauprapat, Labuhanbatu terhadap linieritas keilmuan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif denganjenis penelitian korelasi product moment. Dalam penelitian iniyang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V MINPadang Bulan Rantauprapat, Labuhanbatu. Sampelmenggunakan random sampling sebanyak 51 siswa. Teknikpengumpulan data dengan menggunakan angket. Angket yangdipersiapkan dibagikan kepada repondan. Angket berkaitantentang gaya belajar dan dokumentasi hasil belajar siswa. Datadiolah dan dianalisis dengan menggunakan rumus korelasiproduct moment, regresi linear berganda dan koefisien korelasiberganda, pada taraf signifikan 5% dan n=51. Berdasarkanhasil penelitian analisis data diperoleh r hitung = (0,455) > darir tabel dengan n=51 (0,279) atau nilai sig 0,012 <α (0,05) dengandemikian H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian iniadalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaragaya belajar dengan hasil belajar siswa Madrasah IbtidaiyahNegeri Padang Bulan Labuhanbatu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...