Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 3 No. 2: Vol III. Edisi II

Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi

Wita Ferwati (Universitas Al Washliyah Labuhanbatu (UNIVA))



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi dengan menggunakan modelpembelajaran talking stick. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Barat. Sampel dalam penelitian terdiri dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 dan XI MIA-2ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIA-1 diajarkan dengan modelpembelajaran talking stick dan kelas kontrol yaitu XI MIA-2 dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakandalam penelitian ini berupa pilihan berganda yang telah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian (UH). Rata-rata Hasil ulanganharian biologi pada kelas Eksperimen yaitu 83,67. Sedangkan di kelas kontrol Rata-rata Hasil ulangan harian biologiyakni 55,67. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar biologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...