Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar biologi dengan menggunakan modelpembelajaran talking stick. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas XI SMA Negeri 1 Bilah Barat. Sampel dalam penelitian terdiri dua kelas yaitu kelas XI MIA-1 dan XI MIA-2ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIA-1 diajarkan dengan modelpembelajaran talking stick dan kelas kontrol yaitu XI MIA-2 dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakandalam penelitian ini berupa pilihan berganda yang telah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa terjadi peningkatan hasil belajar yang dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian (UH). Rata-rata Hasil ulanganharian biologi pada kelas Eksperimen yaitu 83,67. Sedangkan di kelas kontrol Rata-rata Hasil ulangan harian biologiyakni 55,67. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar biologi.
Copyrights © 2022