Pendidikan sebagai upaya pengubahan perilaku anak untuk menjadi lebihbaik, terutama dalam mendidik budipekerti pada anak usia dini. Pelaksanaanpendidikan budi pekerti pada anak usia dini melibatkan banyak pihak, yaitu: orangtua dan guru di lembaga pendidikan. Orang tua berperan sebagai guru pertama bagianak. Anak akan dengan mudah meniru tingkah laku, tutur kata, dan penampilanorang tuanya. Pendidikan Anak Usia Dini diharapkan mampu memberikan berbagaistimulasi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak, salah satunyadengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak. Orang dewasadisekitar anak harus siap menjadi model dan teladan bagi anak dalam membentukbudi pekerti yang baik. Strategi yang dilakukan dalam mengimplementasikanpendidikan budi pekerti pada anak usia dini di lembaga pendidikan dapat dimulaidengan keteladanan dari guru dan seluruh arga sekolah, dan dilanjutkan denganberbagai pelaksanaan kegiatan seperti kegiatan spontan, teguran kepada pesertadidik, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin
Copyrights © 2021