JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION
Vol 1 No 2 (2020): JOURNAL OF MEDICAL RECORDS AND HELATH INFORMATION

Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Kualitas Layanan Internal dan Kepuasan Kerja Pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X

Zefan Adiputra Golo (Unknown)
Elise Garmelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2022

Abstract

Pemasaran internal menjadi faktor penentu dari kualitas layanan internal, sehingga dapat menciptakan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja di Instalasi Rawat Jalan RSUD X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rancangan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah semua pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X sebanyak 104 orang yang terdiri dari 26 dokter spesialis, 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 66 perawat dan 7 tenaga administrasi. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (pathway analysis) dengan bantuan aplikasi Analysis of Moment Structure (AMOS) untuk melihat pengaruh dimensi-dimensi pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberdayaan terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.75); ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi internal terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.008); tidak ada pengaruh yang signifikan dari kerjasama tim terhadap kualitas layanan internal (p=0.108); ada pengaruh yang signifikan dari penghargaan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); ada pengaruh yang signifikan dari pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); dan ada pengaruh yang signifikan dari persepsi kualitas layanan internal terhadap kepuasan kerja (p=0.000). Kata kunci : Internal Marketing, Internal Service Quality, Kepuasan Kerja

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

1

Publisher

Subject

Humanities Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkat dan rahmat Nya kamidapat kembali hadir untuk menyajikan artikel-artikel terkini pada JRMIK: Jurnal Rekam Medis & Informasi Kesehatan Volume 03 Nomor 02 Edisi Juni, Tahun 2022. Semua artikel yang dimuat pada Jurnal ini telah diseleksi dan ...