Pemasaran internal menjadi faktor penentu dari kualitas layanan internal, sehingga dapat menciptakan kepuasan kerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja di Instalasi Rawat Jalan RSUD X. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan rancangan survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah semua pegawai di Instalasi Rawat Jalan RSUD X sebanyak 104 orang yang terdiri dari 26 dokter spesialis, 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 66 perawat dan 7 tenaga administrasi. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (pathway analysis) dengan bantuan aplikasi Analysis of Moment Structure (AMOS) untuk melihat pengaruh dimensi-dimensi pemasaran internal terhadap kualitas layanan internal dan kepuasan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemberdayaan terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.75); ada pengaruh yang signifikan dari komunikasi internal terhadap persepsi kualitas layanan internal (p=0.008); tidak ada pengaruh yang signifikan dari kerjasama tim terhadap kualitas layanan internal (p=0.108); ada pengaruh yang signifikan dari penghargaan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); ada pengaruh yang signifikan dari pendidikan dan pelatihan terhadap kualitas layanan internal (p=0.000); dan ada pengaruh yang signifikan dari persepsi kualitas layanan internal terhadap kepuasan kerja (p=0.000). Kata kunci : Internal Marketing, Internal Service Quality, Kepuasan Kerja
Copyrights © 2020