Penelitian berjudul Analisis: Isi, Struktur, dan Butir Kebahasaan Teks Naratif. Bertujuan mendeskripsikan (1) mendeskripsikan isi teks iklan naratif, (2) mendeskripsikan struktur teks iklan naratif, (3)mendeskripsikan butir-butir kebahasaan teks iklan naratif, (4) menjelaskan implikasi teks iklan dalampembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan yaitu (a) metode padan yakni menetapkan identitas satuan lingual dengan mengacu pada unsur penentu: (i), referensial, (ii) mitra wicara, dan (b) metode agih (metode distribusional) dengan teknik: (i) teknik lesap, teknik ganti, teknik ubah ujud, dan teknik baca markah Penelitian ini menggunakan teori wacana yang bersumber dari teori tata bahasa struktural maupun tata bahasa fungsional. Data penelitian ini adalah teks atau wacana iklan naratif. Sumber data penelitian ini adalah media visual memuat iklan naratif. Isi wacana iklan naratif sesuai kolokasi kata kunci bidang kajian sumber data. Struktur wacana iklan naratif ada sembilan pola. Butir kebahasaan meliputi (1) kata, (2) frasa, dan (3) klausa. Kata terdiri atas (a) kata benda / nomina, (b) kata kerja/verba, (c) kata sifat/adjektiva, (d) kata benda/pronomina, (e) kata tanya/interogatif, (f) kata bilangan/numerical, (g) kata depan/preposisi, (h) kata penghubung/konjungsi, (i) kata keterangan/adverbia, (j) kata seru/interjeksi, dan (k) kata penunjuk/determinasi. Materi iklan dilihat dari sudut pandang wacana sesuai dengan bahan ajar pada kurikulum 2013 sehingga dapat diterapkan pada pembelajaran seperti yang dirumuskan pada kompetensi dasar 3.3 dan 3.4 mengkaji teks (wacana) iklan terdiri atas isi, struktur dan kebahasaan iklan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019