Prosiding Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 1 (2019): PROSIDING SEMINAR NASIONAL LPPM UMP 2019

MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)

Tukiran Tukiran (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Banani Ma’mur (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Eko Priyanto (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Tipe STAD merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, danmerupakan model yang paling baik untuk pemulaan bagi para guru yang baru menggunakan pendekatankooperetif (Slavin, 2009:143). Metode ini juga sangat mudah diadaptasi – telah digunakan dalam matematika,sains, ilmu pengetahuan sosial, bahasa Inggris, teknik, dan banyak subjek lainnya, dan pada tingkat sekolahmenengah sampai perguruan tinggi. Langkah-langkah untuk menggunakan STAD adalah sebagai berikut:buatlah salinan lembar rekapitulasi kelompok, merangking siswa, dari yang paling pintar ke paling kurangpintar, tentukan jumlah anggota kelompok, jika memungkinkan tiap-tiap kelompok harus memilih empatanggota, masukkan siswa ke dalam kelompok, scara berimbang, sebarkan lembar rekapitulasi siswa, tentukannilai dasar (Sharan, 2009: 11). Model pembelajaran STAD terdiri dari lima komponen yaitu: presentasi kelastim/Tahap Kerja Kelompok, kuis/Tahap Tes Individu, tahap Perhitungan Skor Kemajuan Individu, tahapPemberian penghargaan/Rekognisi Tim.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

semnaslppm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat merupakan wadah artikel-artikel prosiding seminar nasional hasil-hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah ...