Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kontrol diri siswa, (2) mendeskripsikan perilaku disiplin siswa di sekolah, (3) menguji signifikansi hubungan antara kontrol diri dengan perilaku disiplin siswa di sekolah. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah 310 siswa kelas XII SMK N 3 Kasihan Bantul Yogyakarta. Sampel sebanyak 214 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala kontrol diri dan skala perilaku disiplin siswa di sekolah yang berbentuk skala likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kontrol diri siswa termasuk dalam kategori sedang, (2) perilaku disiplin siswa di sekolah termasuk dalam kategori sedang, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kontrol diri dan perilaku disiplin siswa di sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,725 dan tingkat signifikansi 0,000. Artinya semakin tinggi kontrol diri maka semakin tinggi pula perilaku disiplin siswa disekolahnya. Sebaliknya, semakin rendah kontrol diri maka semakin rendah pula perilaku disiplin siswa di sekolahnya.
Copyrights © 2020