Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) memberikan pengetahuan tentang permasalahan ADHD), 2) memberikanpengetahuan teoritis dan praktis tentang konsentrasi pada anak didik, 3) melatih terapi gerak fokus visual motorik sebagai cara untuk meningkatkan konsentrasi anak yang cenderung mengalami ADHD. Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini dilaksanakan kepada kelompok guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas berjumlah 25 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan urut-urutan: 1) Pre tes meliputi: masalah-masalah yang sering muncul pada anak didik taman kanak-kanak, pengertian, manfaat dan cara mengatasi kurangnya konsentrasi pada anak didik Taman KanakKanak; 2) penyuluhan/pendidikan tentang pentingnya kemampuan memahami masalah konsentrasi anak didik yang berkemungkinan mengalami ADHD, 3) penyuluhan/pendidikan tentang terapi gerak fokus visual motorik, 4) pelatihan tentang terapi gerak fokus visual motorik sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi pada anak yang cenderung ADHD. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: 1) Pengetahuan teoritis guru Taman Kanak-Kanak ’Aisyiyah tentang konsentrasi pada anak dan terapi gerak visual motorik meningkat, 2) Guru Taman Kanak-Kanak ’Aisyiyah termotivasi untuk meningkatkan konsentrasi pada anak didiknya yang cenderung ADHD, 3) Guru Taman Kanak-Kanak ’Aisyiyah memiliki kesiapan untuk menerapkan terapi gerak visual motorik sebagai upaya untuk meningkatkan konsentrasi pada anak yang cenderung ADHD.
Copyrights © 2020