Guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari tidak terlepas dari kegiatan tulis menulis, di antaranymenyusun perangkat pembelajaran memerlukan kecermatan dalam menuliskan dengan menggunakan ejaabahasa Indonesia yang benar dan mampu dalam mengkomunikasikan laporan penyelenggaraan kegiataakademik. Penguasaan ejaan tersebut mencakup: (1) kemampuan menulis dan menggunakan huruf kapital danhuruf miring, (2). kemampuan menulis dan menggunakan tanda baca, (3). kemampuan menulis dan menggukakata dasar, kata berimbuhan, majemuk, dan (4) kemampuan menulis dan menggunakan kata serapan. Metodyang digunakan mencakup: ceramah, diskusi dan analisis, serta simulasi. Menguatkan penguasaan ejaan dalapenyusunana perangkat pembelajaran dengan materi: (1) perkembangan ejaan bahasa Indonesia, (2) aspek-aspeejaan bahasa indonesia, (3) analisis penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada perangkat pembelajaran. Mengacpada kegiatan tanya jawab pada awal hingga akhir pelatihan, serta kegiatan interaktif diskusi, dan analisselama proses pelatihan, dapat dinyatakan bahwa guru memperoleh peningkatan kemampuan sebagai berikut. 1Peningkatan kemampuan menggunakan huruf kapital dan huruf miring yang tepat dalam menyusun perangkpembelajaran, 2) Peningkatan kemampuan menuli perangkat pembelajaran dengan menggunakan tanda bacyang tepat, 3) Peningkatan kemampuan menggunakan kata dasar dan kata majemuk dalam menulis perangkpembelajaran. 4) Peningkatan kemampuan menggunakan kata serapan dalam menyusun perangkpembelajaran.
Copyrights © 2019