Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku siswa SMP Adiwiyata dalam pengelolaan sampah sebagai hasil didikan dari guru-gurunya. Penelitian ini menarik karena jumlah sekolah yang bersedia mengurus predikat Adiwiyata sangat sedikit, karena program ini memang kurang diminati. Padahal pendidikan tentang kepedulian pada sampah adalah sangat penting. Berdasarka teori kognitif sosial, pendidikan tentang peduli pada sampah merupakan hasil dari pengamatan siswa pada perilaku Kepala Sekolah dan gurugurunya. Mereka adalah orang-orang signifikan yang bisa memberi reward dan punishment pada anak. Disain penelitian adalah kualitatif, dan informasinya diperoleh melalui metode wawancara dan FGD. Hasil penelitian yakni Kepala Sekolah membuat sistem penilaian kinerja guru melalui sertifikasi guru dan juga pelatihan pengelolaan sampah. Kedua hal tersebut membuat guru menjadi motivator bagi anak untuk peduli pada sampah. Anak-anak memahami tentang sumber sampah dan perjalanan sampah mulai dari sumbernya hingga TPS. Anakanak juga memahami bahwa pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada anak juga bersinggungan dengan pengelolaan limbah / sampah. Anak-anak juga sudah membawa bekal dari rumah sehingga mengurangi sampah plastik di sekolah. Disarankan peneltian pendahuluan ini juga dilakukan mulai dari SD Adiwiyata, SMP Adiwiyata dan SMA Adiwiyata.
Copyrights © 2019