Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 9 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PKn Melalui Metode diskusi Pada Siswa Kelas V SDN Manggalai

Aludin, Hayani ( FKIP UNTAD)
Saneba, Bonifasius (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2015

Abstract

Permasalahan utama dan mendasar pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran PKn kelas V SDN Manggalai. Tujuan penelitian untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN Manggalai melalui penerapan metode diskusi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data melalui teknik pemberian tes, wawancara, observasi dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Manggalai yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan data awal siswa yang kategori tuntas 4 orang atau presentase ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus 1 banyak siswa yang tuntas 10 orang presentase ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan Siklus II banyaknya siswa yang tuntas 19 orang, presentase ketuntasan klasikal 95%. Hasil observasi guru siklus I 1 komponen yang bernilai sangat baik sementara yang bernilai baik 5 komponen dan bernilai cukup sebanyak 2 komponen, tidak ada dalam kategori kurang, hasil observasi siswa siklus I memiliki 9 langkah kegiatan yang dijadikan sebagai sasaran observasi peneliti, 3 aspek yang berkategori sangat baik, 3 aspek yang sudah mendapatkan nilai yang baik. Sedangkan observasi guru siklus II dari 9 komponen yang diamati tidak ada satu lagi aspek yang bernilai kurang baik dan cukup bernilai baik sebanyak 2 komponen yang bernilai sangat baik 7 komponen, observasi siswa siklus II dari 9 tidak ada aspek yang dalam kategori kurang dan cukup, 1 aspek yang berkategori  baik,  8 aspek yang sudah mendapatkan nilai sangat baik. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas V SDN Manggalai. Hal ini dapat ditunjukan dari perolehan peningkatan secara klasikal siklus I dan siklus II. Penerapan metode diskusi hanyalah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan. Para guru dapat mencari metode. Media atau strategi pembelajaran yang lain yang unik untuk meningkatkan kompetensi siswa Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi, Pembelajaran PKn

Copyrights © 2017