Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 9 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran PKn di Kelas IV SDN Koyobunga

Sigani, Mauludin ( FKIP UNTAD)
Saneba, Bonifasius (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2015

Abstract

Permasalahan adalah apakah minat siswa pada pembelajaran PKn dapat ditingkatkan dengan metode diskusi di kelas IV SDN Koyobunga. Tujuan penelitian untuk meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Koyobunga melalui penerapan metode diskusi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) Pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Pengumpulan data melalui teknik pemberian tes, wawancara, observasi dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Koyobunga yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan data awal siswa yang kategori tuntas 4 orang atau presentase ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus 1 banyak siswa yang tuntas 10 orang presentase ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan Siklus II banyaknya siswa yang tuntas 19 orang, presentase ketuntasan klasikal 95%. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu penerapan metode diskusi dalam proses pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dikelas IV SDN Koyobunga. Hal ini dapat ditunjukan dari perolehan peningkatan secara klasikal siklus I dan siklus II. Penerapan metode diskusi hanyalah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan. Para guru dapat mencari metode. Media atau strategi pembelajaran yang lain yang unik untuk meningkatkan kompetensi siswa. Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Diskusi, PKn

Copyrights © 2017