Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 9 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Kooperatif Tipe Stad Pada Kelas V SDN Inpres Toropot

Zakira, Zakira ( FKIP UNTAD)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Hasdin, Hasdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan bahwa masih banyak siswa SD mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran PKn. Untuk mengatasi kesulitan tersebut dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN InpresToropot. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Inpres Toropot Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut, sebanyak 25 orang siswa yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 13 orang laki-laki pada tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan standar kompetensi menghargai keputusan bersama.Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dilaksanakan melalui 7 tahap yaitu: persiapan Pembelajaran,Tahap Penyajian Materi, Tahap Kegiatan Kelompok, tahap pemeriksaan terhadap hasil Kegiatan Kelompok, tahap siswa mengerjakan soal-soal tes individu,  tahap pemeriksaan hasil dan tahap penghargaan kelompok. Untuk mengetahui tingkat penguasaan pemahaman konsep menghargai keputusan bersama dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD maka yang perlu diperhatikan adalah aktifitas guru dan siswa dalam proses belajar mengajar dengan melihat keterampilan kooperatif siswa dan pengelolaan pembelajaran kooperatif oleh guru,serta pencapaian peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa padabahasan menghargai keputusan bersama di kelas V SDN Inpres Toropot Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Lautyang dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklusnya. Hasil analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada bahasan menghargai keputusan bersama.Pembelajaran kooperatif tipe STAD perlu dijadikan referensi dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PKn. Saran, Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn dapat diterapkan oleh setiap guru dan menjadi pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Kata Kunci:  Hasil Belajar, Metode KooperatifTipe STAD,Pembelajaran PKn

Copyrights © 2017