Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 10 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDN Tatarandang Pada Materi FPB Dan KPK

Nggodulano, Heriyanto ( FKIP UNTAD)
Ismaimusa, Dasa (Unknown)
Mustamin, Mustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2015

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Tatarandang pada materi FPB dan KPK?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar kelas V SDN Tatarandang pada materi FPB dan KPK melalui model pembelajaran tipe STAD. Jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, LKS, serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan oleh rata-rata hasil  belajar  siswa dari 8,3 pada siklus I menjadi 8,0 pada siklus II, ketuntasan klasikal 75% pada siklus I menjadi 89,3% pada siklus II. Demikian pula peningkatan daya serap klasikal dari 72,5% pada siklus I menjadi 80,4% pada siklus II, aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar rata-rata dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SDN Tatarandang pada materi FPB dan KPK. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa

Copyrights © 2017