JRFES
Vol 3, No 1 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA




Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada siswa yang tidak terbiasa dengan model discovery learning . Fenomena ini menyebabkan hasil belajar siswa dari ilmu pengetahuan alam masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik simulasi probing dalam model discovery learning terhadap hasil belajar sains siswa kelas VII SMPN 1 Sutera. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sutera yang terdiri dari delapan kelas. Metode pengambilan sampel adalah cluster random sampling yang dipilih pada kelas VII.5 sebagai percobaan, dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah uji prestasi sains dalam bentuk esai. Berdasarkan uji prestasi sains diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 62 dan kelas kontrol 50. Hasil analisis data diketahui kedua sampel tersebut tidak normal distribusinya namun homogen, pada taraf nyata α = 0,05. Uji hipotesis diperoleh analisis uji mann whitney dengan Zhitung = 2,08 dan Ztable = 0,98 berarti Zhitung> Ztable sehingga hypothesis diterima. Kata kunci: Pembelajaran Discovery, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa, Probing Prompting

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JRFES

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and ...