JRFES
Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 PADANG




Article Info

Publish Date
10 May 2016

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII (kelas dua) SMP Muhammadiyah 6 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tentang pengaruh praktik pembelajaran kooperatif model tipe two stay-two stray terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam. Jenis penelitiannya adalah Quasi Experimental Research. Metode pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling, dipilih pada kelas VIII.4 seperti pada kelas eksperimen dan kelas VIII.3. Alat uji terakhir menggunakan esai, berdasarkan hasil analisis data, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 71,65 dan kelas kontrol 67,77. Jadi kesimpulannya adalah praktek model pembelajaran kooperatif tipe two stay-dua efek berpengaruh pada hasil belajar siswa sains di kelas VIII sekolah  menengah pertama Muhammadiyah 6 PadangKata kunci : Pembelajaran kooperarif, Hasil Belajar IPA, Two stay – two stray

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JRFES

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and ...