Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketelitian dan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas serta rendahnya pemahaman konsep IPA Fisika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padangyang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, penentuan kelas sampel dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kelas sampel terdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan menggunakan uji satu pihak diperoleh t hitung = 1,94 dan t tabel = 1,67. Data yang diperoleh t hitung > t tabel = 1,94 > 1,67 maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep IPA Fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada pemahaman konsep IPA Fisika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Padang.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Number Heads Together (NHT), Pemahaman Pembelajaran Fisika
Copyrights © 2016