JRFES
Vol 6, No 2 (2019): Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS MENGGUNAKAN PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR




Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Model Pembelajaran ARIAS Menggunakan Media Interactive Simulations PhET terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Penelitian ini dengan metode kuasi eksperimen dengan desain post-test only contol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X  yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan mengambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data  menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dan angket minat. Perolehan hasil uji-t yaitu thitung = 3,957 > ttabel = 1,664 dengan  = 0,05; yang artinya ada pengaruh yang signifikan Model Pembalelajaran ARIAS menggunakan Media Interactive Simulations PhET terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Dan Hasil uji-t didapat thitung = 4,842 > ttabel = 1,664 dengan  = 0,05; yang artinya ada pengaruh yang signifikan Model Pembalelajaran ARIAS menggunakan Media Interactive Simulations PhET terhadap Minat Belajar Siswa. Kesimpulannya bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajara ARIAS menggunakan media interactive simulations PhET terhadap pemahaman konsep dan minat belajar dibandingkan pembelajaran konvensional.Kata kunci: ARIAS, Media Interactive Simulations PhET, Pemahaman Konsep, Minat Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JRFES

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

JRFES scopes are the result of research on physics research and physics education. JRFES is focused on publishing original research results that have not been published anywhere. Issues published by JRFES cover the areas of education namely planning, implementation, and evaluation of Education and ...