Penelitian ini dimotivasi oleh pembelajaran phsysics yang masih berpusat pada guru. Efeknya adalah kurangnya motivasi belajar siswa mengikuti proses pembelajaran. Ini akan berdampak pada rendahnya hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan permasalahan ini, peneliti menerapkan teknik pembelajaran kancing gemerincing. Kancing gemerincing adalah teknik belajar yang menggunakan kancing berwarna sebagai tanda ekspresi pendapat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik kancing gemerincing pada domain kognitif fisika kelas XI IPA SMA N 1 Sungai Limau. Penelitian ini merupakan percobaan kuasi dengan desain kelompok kontrol hanya postest dan cluster random sampling, dan uji hipotesis adalah uji Mann - Whitney. Domain kognitif untuk kelas eksperimen rata-rata 79,55 dan kelas kontrol rata-rata 6,19. Artinya ada pengaruh penerapan teknik kating gemericing n terhadap siswa belajar fisika kelas kognitif kelas XI IPA SMAN 1 Sungai Limau.Kata kunci: Kancing Gemerincing, Domain Kognitif, Fisika
Copyrights © 2017