Jurnal Permata Indonesia
Volume 11, No.2, November 2020

Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Obat di Apotek Sumber Sehat Yogyakarta

Edy Suprasetya (Unknown)
Muhtaria (Unknown)
Haryo Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

Apotek merupakan lini terdepan dalam pelayanan langsung oleh tenaga kefarmasian kepadamasyarakat yang membutuhkan pelayanan obat. Untuk memberikan pelayanan farmasi yang baik danbenar, tenaga kefarmasian hendaklah selalu meningkatkan pengetahuan tentang pelayanan kefarmasiantermasuk pelayanan obat kepada pasien. Kepuasaan merupakan fungsi dari kinerja dan harapan jikakinerja dibawah harapan maka konsumen tidak puas dan konsumen akan sangat puas jika kinerjanyamelebihi harapan .Kepuasaan konsumen menggunakan jasa apotek merupakan cerminan hasil dari mutupelayanan kesehatan yang diberikan apotek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasanpelayanan obat yang didapatkan di Apotek Sumber Sehat Yogyakarta terhadap harapan dan persepsikonsumen, kemudian hasilnya dilakukan uji apakah ada hubungan antara kinerja dan harapan dengankepuasan konsumen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan total sampling terhadapkonsumen Apotek Sumber Sehat Yogyakarta, responden diambil secara acak dan berseda mengisikuisioner.Hasil penelitian menujukkan bahwa 80 responen menyatakan harpan akan pelayanan yangbagus sebesar 86,78% dan persepsi 88%. Kesimpulan tingkat kepuasan konsumen tentang pelayananobat di apotek sumber sehat yogyakarta berdasarkan data harapan dan persepsi konsumen dapat dikataknpuas dengan pelayanan apotek.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Permata Indonesia : Jurnal Ilmiah kesehatan merupakan open access and peer-reviewed journal yang memuat artikel penelitian di bidang kesehatan (Kebidanan, Farmasi, Administrasi Rumah Sakit, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dan Teknologi Kesehatan). Jurnal Permata Indonesia : Jurnal Ilmiah ...