Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 3, No 2 (2022): JP-IPA: Nov 2022

Relevansi Pemahaman Tentang Bakteri Terhadap Penerapan Pola Lingkungan Sehat Pada Kelas X SMA N 1 Madapangga

Muhaimin, Abdul (Unknown)
Azmin, Nikman (Unknown)
Azhar, Azhar (Unknown)
Bakhtiar, Bakhtiar (Unknown)
Hartati, Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Dengan mengambil lima kelas sebagai populasi yang berjumlah 240 orang dengan juml;ah sampel 45 orang siswayaitu dua kelas X.1 empat kelas X.2  empat kelas X.3 pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode angket dan tes. Metode tes digunakan untuk mengukutr variabel X (pemahaman tentang bakteri) sedangkan metode angket untuk mengukur variabel Y (pola lingkungan sehat).data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik korelasi product moment dengan taraf signifikan 5% dari hasil analisis data diperoleh hasil nilai rxy = 0,479 dan r tabel = 0,294 dengan N= 45 orang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa ada relevansi pemahaman tentang bakteri terhadap penerapan pola lingkun gan sehat pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga. Karena berdasarkan hasil perhitungan rxy dengan mengunakan “r” product moment yang menghasilkan rxy atau r hitung =0,479 dan lebih besar dari nilai r tabel pada taraf signifikan 5% = 0,294 dan pada taraf signifuikan 10 % = 0,380. Artinya bahwa pemahaman siswa tentang bakteri pada siswa kelas X SMA N 1 Madapangga dalam penelitian ini adalah terdapat dan menunjukan adanya hubungan yang signifikan terhadap penerapan pola lingkungan sehat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...