Jurnal Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Kota Lospalos Tahun 2022

Fernandes, Nintorio Vieira (Unknown)
Nurvita, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang ditetapkan, sehingga menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien, untuk mengukur mutu pelayanan kesehatan yaitu yang dikenal dengan model SERVQUAL (service quality (responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability). Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui hubungan mutu pelayanan Kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien Rawat Inap di Rumah Sakit kota Lospalos, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan explanatory atau penelitian penjelasan yang dilakukan pada bulan Juni tahun 2022. Lokasi penelitian di Rumah Sakit Kota Lospalos. Jumlah sampel adalah 30 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi penelitian. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis pada penelitian ini yaitu analisis Bivariat menggunakan uji chi square dengan kepercayaan 95% dengan α = 0.05. hasil penelitian menunjukan ada hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien antara dimensi Reliability P Value = 0.002, dimensi Responsiviness P Value = 0.004, dimensi Assurance P Value = 0.0042 dan dimensi empathy P Value = 0.0015, sedangkan mutu pelayanan dimensi tangibles tidak ada hubungan dengan kepuasan pasien dengan P Value = 0.063>0.05. Diharapkan agar pihak Rumah Sakit Kota Lospalos dapat meningkatkan lagi mutu pelayanan sehingga kepuasan pasien juga dapat menigkat, agar dapat memaksimalkan kepercayaan pasien dalam memanfaatkan pelayanan kesehatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurmik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Health Professions Public Health

Description

JURMIK (Jurnal Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan) memiliki fokus dalam menerbitkan : •Hasil penelitian; •Studi literature/artikel review; •Systematic Review and Meta Analysis. JURMIK (Jurnal Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan) memiliki Scope: •Administrasi pelayanan ...