Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan teori APOS dengan siklus ACE dalam pembeljaran matematika pada siswa kelas IX. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas SMP Negeri 24 Bulukumba tahun 2022-2023 dan adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.A sebanyak 26 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket respon siswa. Data yang terkumpul dianalisi dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisisi inferensial. Dari hasil analisi di peroleh, (1) keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 3,58 (kategori terlaksana); (2) Persentase aktivitas siswa selama 3 kali pertemuan sebesar 89,34%; (3) persentase siswa yang memberikan respons positif adalah 90,75%; dan (4) persentase ketuntasan siswa setelah pembelajaran teori APOS dengan siklus ACE yaitu 92,31% dengan nilai rata-rata sebesar 82.44. Kemudian dilakukan pengujian uji-t diperoleh nilai p-value α, yang berarti bahwa tuntas secara klasikal siswa lebih dari 84,99%, hasil belajar siswa memperoleh rata-rata lebih dari 74,99, dan skor rata-rata gain ternormalisasi lebih dari 0,30. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh positif penerapan teori APOS dengan siklus ACE terhadap pembelajaran matematika siswa kelas IX SMPN 24 Bulukumba.
Copyrights © 2022