Akuntansi'45
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Akuntansi

PENGARUH PELAYANAN PETUGAS KANTOR DEPAN (Front Office Department) KEPADA CUSTOMER TERHADAP TINGKAT HUNIAN KAMAR HOTEL (Room Occupancy)

Ramansyah Hidayat (Unknown)
Retno Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh pelayanan staf front office terhadap tamu terhadap tingkat hunian kamar hotel Surabaya XX, agar tamu mendapatkan semua yang telah dijanjikan oleh pihak hotel dan mewujudkan tujuan dari sebuah hotel agar tamu tersebut datang kembali. Dalam hal ini tidak terlepas dari bagaimana petugas memberikan pelayanan kepada tamu baik dari departemen front office maupun departemen lainnya. Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi terkait pemberian pelayanan kepada tamu hotel. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa departemen front office hotel Surabaya XX memiliki peran yang signifikan dalam memberikan pelayanan kepada tamu, karena departemen front office berhubungan langsung dengan tamu dan akan memberikan kesan pertama dan terakhir kepada tamu yang datang. Kesimpulan yang dapat diambil adalah staff front office hotel surabaya XX mampu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga tingkat hunian kamar hotel semakin tinggi, staff departemen front office dan departemen lainnya konsisten dalam memberikan yang terbaik melayani. sehingga hotel tidak pernah sepi dan terbukti banyak tamu hotel yang menjadi pelanggan yang sudah berbulan-bulan datang kembali untuk menginap di hotel surabaya XX.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Ekonomi Syariah, Perbankan, Perpajakan, Asuransi Niaga (Kerugian), Notariat, Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum, Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, ...