Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 2, No 2 (2022): DESEMBER

Analisis Dampak Program Remaja Belajar Menulis Konten dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Esai (Studi Kasus Bastra ID)

Tito Tri Kadafi (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari program Remaja Belajar Menulis Konten, yakni pelatihan menulis esai intensif yang diadakan oleh Bastra ID. Merumuskan masalah mengenai bagaimana dampak dari program dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis esai, penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yakni observasi, dokumentasi, dan survei. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak dari program ini, yakni meningkatan pemahaman berpikir kritis dan menulis esai, mengenalkan media daring sebagai sarana membangun jejaring, menguatkan pengalaman terhadap isu keberagaman, serta pemahaman peserta terhadap teknik wawancara saat mengumpulkan data.Kata Kunci: Remaja Belajar Menulis Konten, Esai, Berpikir Kritis, Media

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gurindam

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini diterbitkan 2x setahun, yakni Juni dan Desember. Jurnal ini berisi hasil penelitian (lapangan atau ...