Siswa yang menjalani pendidikan di sekolah penerbangan di Indonesia dihadapkan dengan berbagai tuntutan pembelajaran dengan basic semi militer yang belum pernah ditemui sebelumnya, sehingga untuk para siswa yang baru masuk diperlukan adanya kemampuan penyesuaian akademik yang baik agar dapat mempertahankan dirinya disekolah penerbangan dengan tuntutan yang tinggi. Salah satu faktor yang diduga memiliki hubungan dengan penyesuaian akademik adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan penyesuaian akademik pada siswa sekolah penerbangan di Indonesia. Rancangan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif noneksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan jenis sampling kuota. Sampel penelitian berjumlah 85 siswa sekolah penerbangan di Indonesia. Alat ukur pertama self efficacy dari teori Bandura berjumlah 28 aitem valid dengan koefisien realibilitas sebesar (α) 0,936 dan alat ukur kedua penyesuaian akademik dari teori Schneiders berjumlah 32 aitem valid dengan koefisien realibilitas (α) sebesar 0,953. Berdasarkan hasil uji pearson product moment memiliki hasil sig (p) = 0,026 (p < 0,05) dengan nilai r = 0,240 yang menyatakan adanya hubungan positif antara self efficacy dengan penyesuaian akademik pada siswa sekolah penerbangan di Indonesia yang berarti hipotesis diterima. Self efficacy mempengaruhi penyesuaian akademik sebesar 5,76%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Students who are studying in aviation school in Indonesia are faced with various demands for learning on a semi-military basis that have never been encountered before, so for new students who are required to have good academic adjustment skills in order to be able to defend themselves at flight schools with high demands. One factor that is thought to have a relationship with academic adjustment is self efficacy. The purpose of this study was to determine the relationship between self efficacy and academic adjustment in pilot students in Indonesia. The design in this study is quantitative non-experimental. The sampling technique uses non-probability sampling with the type of quota sampling. The research sample was 85 pilot students in Indonesia. The first self efficacy measuring instrument from the Bandura theory is 28 valid items with a reliability coefficient of (α) 0.936 and the second academic adjustment tool from the Schneiders theory is 32 valid items with a reliability coefficient (α) of 0.953. Based on the Pearson product moment test results have the results of sig (p) = 0.026 (p <0.05) with a value of r = 0.240 which states there is a positive relationship between self efficacy and academic adjustment in pilot students in Indonesia, which means the hypothesis is accepted. Self efficacy affects academic adjustment by 5.76%, the rest is influenced by other factors.
Copyrights © 2021