Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa yang melakukan belanja online di Universitas Singaperbangsa Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang melibatkan mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 di Universitas Singaperbangsa Karawang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 187 responden, dengan sampel berjumlah 119 responden menggunakan rumus dari Issac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Kriteria responden dalam penelitian ini yaitu: Mahasiswa program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018, berusia 20-22 Tahun dan pernah melakukan belanja online. Teknik sampling yang digunakan menggunakan teknik sampling kuota, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dari dua skala yaitu: skala konsep diri dan skala perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil uji hipotesis koefisien korelasi pearson product moment didapatkan nilai ????௫௬ sebesar 0,031 dengan nilai Sig sebesar 0,736 (>0,05) sehingga hipotesis pada penelitian ini yaitu Ha ditolak dan H0 diterima yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri dengan perilaku konsumtif Pada Mahasiswa yang Melakukan Belanja Online di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 di Universitas Singaperbangsa Karawang. The purpose of this study was to determine the relationship between self-concept and consumptive behavior in students who do online shopping at Singaperbangsa University Karawang. This study uses a quantitative approach, involving students at the Faculty of Social and Political Sciences, Class of 2018 Communication Studies Program at Singaperbangsa University, Karawang. The population in this study amounted to 187 respondents, with a sample of 119 respondents using the formula from Issac and Michael with a significance level of 5%. The criteria for respondents in this study are: Students of the 2018 Class of Communication Studies Program, aged 20-22 years and have done online shopping. The sampling technique used is quota sampling technique, with the data collection method using two scales, namely: the self-concept scale and the consumptive behavior scale. Based on the results of data analysis, the researcher can conclude that the results of the Pearson product moment correlation coefficient hypothesis test obtained an rxy value of 0.031 and a Sig value of 0.736 (> 0.05) so that the hypothesis in this study Ha was rejected and H0 was accepted, which means that there is no significant relationship. There is a significant difference between self-concept variables and consumptive behavior in students who do online shopping at the Faculty of Social and Political Sciences, Communication Studies Program Class of 2018 at Singaperbangsa Karawang University.
Copyrights © 2021