Pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan tidak dapat dilaksanakan secara efektif tanpa keterlibatan dari semua elemen masyarakat. Hal ini membutuhkan kemampuan literasi lingkungan seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap tentang nilai konservasi. Penerapan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi dalam mengubah kesadaran dan perilaku masyarakat sangat penting agar konservasi menjadi bermakna dan berkelanjutan bagi alam. Penelitian ini berfokus pada kemampuan literasi bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi pada pembelajaran IPA pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kemampuan literasi lingkungan bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi berpengaruh terhadap sikap siswa kelas 7 pada materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif verbal “Aesop” dengan teknik pengumpulan data berupa survei angket kemampuan literasi siswa. Metode ini memiliki keunggulan dapat mengungkapkan dominasi responden dari aksen estetika, kognitif, pragmatis atau lingkungan dari perilaku terhadap alam. Serangkaian penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan literasi lingkungan bermuatan Tri Stimulus Amar Pro-konservasi dapat mempengaruhi sikap siswa dalam kaitannya dengan interaksi terhadap makhluk hidup dan lingkungan.
Copyrights © 2022