Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 1 No. 02 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pondok Baca dengan Pemberdayaan Hasil Hutan untuk Peningkatan Minat Baca Anak

Maria Fatima (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Yuliana Hale (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Maria Ermelinda Dua Lering (IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan hasil hutan dalam pembangunan pondok baca untuk meningkatkan minat baca anak-anak di Wairterang, NTT. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer (wawancara, observasi) dan sekunder (dokumen, buku). Teknik analisis dilakukan dengan tahapan data dikumpulkan, dikelompokkan, disajikan, dan diambil kesimpulan. Faktor penyebab minat baca anak-anak yang rendah adalah kemalasan, bimbingan yang kurang, fasilitas yang terbatas, kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lingkungan yang rendah. Upaya meningkatkan minat baca anak-anak adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan rumah baca yang memanfaatkan hasil hutan dan sosialisasi pada masyarakat setempat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...