ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
Vol 7, No 2 (2022)

Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa FKIP Universitas Pattimura Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0

Maryoni Stevanny Kainama (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Pattimura)
Gerald Latuserimala (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Pattimura)
Syahrina Noormala Dewi (Program studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pattimura)
Theodora F Tomasoa (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Pattimura)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Kesiapan menjadi guru di era 4.0 dapat tumbuh dari berbagai faktor, antara lain Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh PLP, Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi di Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Pattimura Angkatan 2019 yang sudah mengikuti PLP I sebanyak 40 mahasiswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Metode analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru akuntansi di era revolusi industry 4.0, sedangkan Penguasaan Teknologi Informasi dan materi akuntansi tidak berpengaruh terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru akuntansi era revolusi industry 4.0. Secara simultan variabel PLP, Penguasaan Teknologi, Penguasaan Materi secara simultan berpengaruh terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru akuntansi di Era 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

probank

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, ...