Pendidikan di era saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus didapatkan oleh setiap anak. Melalui pendidikan diharakan dapat membentuk karakter anak yang baik, setidaknya anak yang menempuh pendidikan akan dikelilingi oleh lingkungan akademik yang menggiring anak untuk terus belajar. Jujur merupakan karakter yang sangat penting untuk dimiliki oleh manusia, karena jujur adalah karakter utama yang mampu menopang karakter-karakter baik lainya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan triangulasi, dengan menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Narasumber wawancara penlitian ini adalah ibu EP selaku guru kelas 4B dan 3 orang siswanya. penelitian ini berfokus pada strategi guru kelas dalam membimbing karakter jujur siswa. Ada 3 strategi yang bisa dilakukan oleh guru dalam membimbing karakter jujur siswa, antara lain dengan membuat kantin kejujuran, mengajarkan keteladanan nabi melalui sirah nabawiyah dan bekerja sama dengan orang tua siswa dalam upaya membimbing karakter jujur siswanya
Copyrights © 2022