AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 11, No 4 (2022)

DESAIN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA PADA MATERI TRANSFORMASI DENGAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL PALEMBANG

Samsul Komar (Universitas Sriwijaya)
Budi Mulyono (Universitas Sriwijaya)
Hapizah Hapizah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Semakin majunya teknologi informasi saat ini menuntut perkembangan teknologi dibidang pendidikan, salah satunya berupa inovasi pedagogik yang berbasis digital guna membantu proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui apakah aplikasi pembelajaran matematika berbasis dynamic geometry software Geogebra pada materi transformasi dengan konteks kearifan lokal Palembang valid, praktis, dan efektif untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian pengembangan (Design and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IX SMP LTI IGM Palembang. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar penilaian validasi, lembar penilaian kepraktisan, lembar respon siswa, dan form tes sumatif. Diperoleh hasil penelitian ini: (1) media dinyatakan valid dan memperoleh nilai 4,17 dengan kategori baik; (2) media dinyatakan praktis dengan nilai 87,6 termasuk kategori sangat baik; (3) media ini efektif diterapkan dalam proses pembelajaran, sebanyak 82,6% siswa sudah mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Oleh karena itu aplikasi pembelajaran matematika berbasis dynamic geometry software Geogebra pada materi transformasi dengan konteks kearifan lokal Palembang yang telah didesain valid dan praktis sehingga efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...