ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 5 MELALUI PERMAINAN SUSUN HURUF

Encep Andriana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokmanah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Maylan Qorina (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Sebagian siswa kelas 5 SDN Kebondalem, Cilegon, diketahui belum lancar membaca dan belum menguasai semua huruf. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak mau mempelajari materi yang diberikan dan membutuhkan lingkungan belajar yang tidak berisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 5 SDN Kebondalem dengan menggunakan permainan susun huruf. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan blok huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Namun, kemampuan mendengarkan dengan cara dikte dan kemampuan mengeja relatif sulit dilatih karena siswa harus menghafal dan memahami susunan hurufnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...