KUMARA CENDEKIA
Vol 10, No 4 (2022): Kumara Cendekia

KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Novita Kusumawati (PG PAUD UNS)
Warananingtyas Palupi (PG PAUD UNS)
Novita Eka Nurjanah (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media big book pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) selama dua siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan peneliti dengan peran serta guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 13 anak yaitu 3 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data penelitian adalah anak, rencana pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data kuantitatif menggunakan persentase seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak setelah penggunaan media big book. Analisis kualitatif memakai model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, sajian deskriptif dengan alur yang sistematis berbentuk narasi, tabel, dan penyimpulan hasil yang disajikan. Hasil pelaksanaan pratindakan pada penelitian secara klasikal yaitu 5 dari 13 anak tuntas atau 38%. Siklus I mengalami peningkatan dengan nilai klasikal yang menunjukkan 7 dari 13 anak tuntas atau 54%. Siklus II meningkat dengan nilai klasikal menunjukkan 11 dari 13 anak tuntas atau 85%. Kesimpulan penelitian ini big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan selain itu, penemuan lain penggunaan big book adalah menstimulasi keterampilan sosial emosional anak.

Copyrights © 2022