DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 3 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament dalam Seting Saintifik Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa

Nyoman Ayu Putri Lestari (Universitas Triatma Mulya)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament dalam seting saintifik terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian post test only group design. Hasil penelitian menunjukkan secara menyeluruh bahwa model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dalam seting saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian dari (Norhayati Indah, 2017; Vinanda Zulfira et al., 2019)bahwa model Team Games Torunament memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...