Jurnal Moral Kemasyarakatan
Vol 7 No 2 (2022): Volume 7, Nomor 2 - Desember 2022

Analisis Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Masa Pandemi Covid-19

Wijayanti, Dwi (Unknown)
Pratomo, Wachid (Unknown)
Fitri, Helen Sica (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di masa pandemi Covid-19, 2) Mengidentifikasikan kendala dan 3) Menemukan solusi dalam menerapkan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dilaksanakan bulan Oktober 2021-Mei 2022. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian adalah (1) proses penerapan pendidikan karakter dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  melalui aktivitas pembelajaran. (2) kendala yang ditemukan yaitu setiap siswa memiliki karakter yang berbeda, sehingga tidak semua siswa bisa menerapkan nilai karakter yang diajarkan dan keterbatasan waktu. (3) Solusi untuk Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di masa pandemi Covid- 19 pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Manggar Belitung Timur yaitu memberikan pengarahan kepada siswa untuk selalu menerapkan nilai – nilai karakter yang telah diajarkan. Kemudian melakukan kerja sama yang baik dengan orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal Moral Kemasyarakatan is published by the Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Study Program of Universitas Kanjuruhan Malang and Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI) of East Java, which includes the results of research on character, moral action ...