Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 3 (2022)

Petunjuk Pelatihan Penyusunan Kisi-Kisi Soal dan Penilaian Akhir Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah se-Kabupaten Magelang

Kanthi Pamungkas Sari (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)
Norma Dewi Shalikah (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)
Irham Nugroho (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)
Ahwy Oktaradiksa (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)
Minzani Aufa (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)
Muis Sad Imam (Program Studi PGMI, Universitas Muhammadiyah Magelang, Kampus 2 Jln. Mayjend. Bambang Soegeng Km 5 Mertoyudan, Magelang, Indonesia 56126)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Background: Pada Penilaian Akhir Semester (PAS) maupun Penilaian Akhir Tahun (PAT), setiap Madrasah Ibtidaiyah (MI) wajib merujuk pada aturan-aturan yang ditetapkan oleh Dirjen Pendis Kementrian Agama serta Keputusan Kepala Kanwil Kementrian Agama Propinsi masing-masing dan setiap MI memiliki kewenangan menyelenggarakan secara mandiri.  Namun dalam praktiknya masih ditemui sejumlah kendala dalam penyusunan kisi-kisi dan soal baik untuk PAS dan PAT, terjadi keragaman persepsi sehingga terjadi penggunaan alat ukur yang berbeda. Tujuan kegiatan ini tersosialisasinya prosedur penyusunan kisi-kisi untuk penilaian akhir, dan tersusunnya soal-soal PAS dan PAT Metode: Mitra dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah Majlis Dikdasmen PDM Kabupaten Magelang, peserta 52 orang Guru MIM. Tahapan kegiatan meliputi: melakukan persiapan, proses pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Hasil: Respon peserta sangat baik, selama kegiatan pelatihan berlangsung semua peserta mengikuti dari awal sampai selesai dengan aktif dan antusias. Pada sesi praktik peserta dibagi 4 kelompok, hasilnya 3 kelompok mampu melengkapi kisi-kisi dan menyusun soal dengan baik, dan satu kelompok belum menyelesaikan sampai tuntas. Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dalam penyusunan kisi-kisi soal dan soal PAS, PAT.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...